Manasik Haji Tingkat KUA, Kemenag Pultab Menggelar Rakor

Jumat, 13 April 2018 / 01.30
Kepala Seksi Bina Masyarakat Islam, Sugianto J Muhdin. S. Fil. I

TALIABU, SP - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Taliabu menggelar rapat koordinasi (Rakor ) tentang penetapan pelaksanaan Manasik Haji tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) yang berlansung di kantor KUA Kecamatan Taliabu Barat,kamis (12/04/2018) kemarin.

Kepala Seksi Bina Masyarakat Islam, Sugianto J Muhdin. S. Fil. I menjelasakan tujuan dilaksankannya kegiatan itu ,untuk membentuk dan membina calon jama'ah haji menjadi jama'ah haji mandiri.

"Minimal calon jama'ah haji paham tentang manasik haji itu seperti apa dan juga dapat mengaplikasikannya sendiri,” jelasnya kepada Samata Post, usai mengikuti kegiatan.

Untuk pelaksanaan kegiatan, Sugianto mengatakan, pemantapan para calon jamaah haji ini akan dilaksanakan pada tanggal 20-23 april 2018 mendatang. Dengan jumlah jam'ah haji sebanyak 38 orang dan 2 orang cadangan.

”Sehingga berjumlah 40 calon jamaah haji tahun 2018 dengan Panitia Pelaksanaan atau penanggung jawabnya KUA kecamatan taliabu barat laut,”katanya.

Terkait keberangkatan,lanjut Sugianto , nanti menuju kota suci umat islam itu tidak mutlak menjadi tanggungjawab Kemenag Pultab tetapi akan dibentuk panitia penyelenggara Ibadah Haji daerah (PPIHD) yang difasilitasi langsung oleh Pemkab melalui bagian kesejahteraan rakyat (kesra).

"Jadi tidak hanya kami dari kementerian agama yang bertanggung jawab, tetapi akan berjalan bersama dengan bagian kesra untuk mengawal para calon jama'ah haji,” tutupnya. (tam/eto)
Komentar Anda

Terkini