Pasca Diwarning Oleh Bupati, P3MD Pultab Harap Sinergitas Antar Instansi Terkait

Jumat, 06 April 2018 / 22.59

Suasana di Sekretariat P3MD Pultab

TALIABU, SP - Pernyataan Bupati Pultab ,H. Aliong Mus yang  meminta para kepala desa se kabupaten pultab untuk mundur dari jabatan ,jika tidak dapat menyelasikan dan memasukan LPJ tahun 2017 pada hari jumaat (06/04/2018) dengan deadline waktu pukul 00.00 WIT , serta mengancam akan menyurati Kementerian Desa terkait kinerja P3MD Pultab yang dinilai terkesan tidak maksimal.
                  
Menanggapi hal itu,koordinator P3MD Pultab, Amin Raden menjelaskan, dari pernyataan yang dikeluarkan oleh bupati terkait pembatasan tanggal dalam menyelesaikan LPJ 2017 ini,hanya ingin memastikan komitmen pemerintah daerah dengan pemerintah desa demi kemajuan daerah.” Walau ini bukan rana pendampingan P3MD ,namun  stetmen ini dirasa beban ,karena terlalu berat bagi para kades dan P3MD selaku pendamping desa,” jelasnya,ketika dikonfirmasi Samata Post, jumaat (06/04/2018) di secretariat P3MD pultab,siang tadi.

Diketahui  sudah banyak kades yang menyelesaikan LPJ dana desa tahun 2017.Namun, pihaknya belum  dapat memastikan  bahwa laporan tersebut diselesaikan dalam waktu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah .” Saya rasa tidak mungkin semua LPJ bisa diselesaikan,karena kita harus akui kurangnya SDM pemerintah desa,sehingga tentunya P3MD harus bekerja lebih keras untuk membantu menyelesaikan LPJ sebelum batas tanggal yang ditetapkan,” tuturnya.

Selain kendala SDM pemerintah desa di pultab, tenaga P3MD pultab juga sangat berpengaruh,sebab keterbatasan jumlah tenaga untuk melakukan pendampingan terhadap seluruh desa. Sehingga, wajar saja jika pihaknya dinilai tidak maksimal dan diberikan warning.namun,dirinya mengklaim pihaknya sudah melaksanakan tugas secara maksimal .”Memang benar dalam kinerja pendampingan desa yang dilakukan P3MD Pultab terhadap kinerja pemerintah desa terkait pembinaan, harus diberikan tanda warning, karena masih banyak pemerintah desa yang belum sukes dalam menyelesaikan LPJ 2017. Namun kinerja dari pendamping desa P3MD dirasa sudah maksimal dan sampai saat ini untuk menyelesaikan LPJ 2017, pendamping siap melayani full time untul membantu,” terangnya.

Amin juga membantah , pernyataan yang menyebutkan pihak P3MD kurang berperan dalam pemberian pendampingan terhadap pemerintah desa ,seperti yang dilontarkan oleh Bupati pada saat rapat koordinasi berlangsung beberapa waktu lalu.”Adanya pernyataan terkait kurangnya peran pendamping desa, perlu diperjelas kurangnya dimana. Kinerja pendamping desa hanya sebatas apa yang sudah diformatkan, ada batasan kewenangan pendamping desa.sebab, tugas kami hanya membantu kades jika ada hal yang belum dimengerti,sehingga tugas kami tidak lebih dan tidak kurang," bantahnya.

Kebijakan bupati diakui ada benarnya  karena merupakan hak pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan terhadap pemerintah daerah khususnya para kepala desa.sehingga perlu dilakukan sinergitas kelembagaan seperti , DPMD, P3MD, Badan Keuangan,dan Inspektorat.”Itu hak pemerintah daerah, dan kami berharap kedepan ada sinergitas antar pihak-pihak terkait,” harapnya. (and/red)
Komentar Anda

Terkini