Pelaksanaan USBN Hari Pertama Di Pultab Berjalan Lancar

Senin, 02 April 2018 / 18.04

Suasana USBN di SD Inpres Bobong

BOBONG, SP- Pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) hari pertama berlansung lancar di seluruh sekolah dasar (SD) se kabupaten Pulau Taliabu dengan menyajikan  dua  mata pelajaran  yaitu Bahasa Indonesia dan PPKN ,senin (02/04/2018) pagi tadi.

Amatan Samata Post  pada SD Inpres Bobong,kecamatan Taliabu Barat , Kabupaten Pulau Taliabu , tampak para siswa-siswi serius mengikuti ujian dengan mengerjakan soal ujian yang disajikan oleh pihak sekolah .

Kepala Sekolah Dasar  Inpres Bobong, Hasmia Sabang  mengatakan pelaksanaan ujian setiap tahun menjadi momentum tahunan  di sekolah , sehingga meski dengan keterbatasan anggaran yang dialami ,karena belum pencairan dana BOS.namun, tidak menjadi kendala bagi proses belajar mengajar terlebih khusus ulangan dan ujian.
”Belum cairnya Dana Bos yang kemudian berpapasan dihadapkan pada moment Ujian Sekolah berbasis Nasional (USBN) tingkat sekolah dasar (SD) di seputaran kabupaten taliabu ini bukanlah hal baru yang perlu dihawatirkan dikarenakan hal seperti ini sudah setiap tahun kita selalu mengalaminya dan bisa mengatasinya,” katanya.

Menurut Kepsek, meski dana BOS belum dikucurkan namun semangat untuk mencerdaskan anak bangsa sudah mendara daging ,sehingga jika hal ini terjadi pihaknya sudah mengantisipasinya demi terlaksananya program pendidikan tersebut.bahkan, jika dihitung besarnya anggaran untuk pelaksanaan ujian dapat diketahui tidak terlalu besar , karena semua tergantung kebijakan kepala sekolah.
"Harusnya dari jauh jauh hari sudah mempersiapkan anggaran untuk ujian sekolah,sebab biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar di dalam pelaksanaan ujian sekolah. Biaya yang dikeluarkan seperti Makan minum pengawas, kartu ujian dan lain lain juga tidak jadi persoalan karena dari pihak sekolah sudah ada langanan tetap yang bisa mengakomodir semuanya, yang nantinya dibayarkan saat pencairan Dana Bos,” tuturnya.

Sementara itu , kepala  bidang pendidikan Dispen Pultab, Sehat Umagap menangapi  terkait molornya pencairan  dana  BOS  jelang pelaksanaan USBN tahun 2018, menurutnya, keterlambatan pencairan Dana Bos bukanlah hal yang disengaja ataupun ada hal yang bermasalah dari Dinas Pendidikan kabupaten taliabu, namun hal ini disebabkan dari teknisnya di provinsi Maluku utara .
”Ini bukan hal baru yang harus dipersoalkan ,karena ini ada pergantian Kadikdas Provinsi Malut,”tangkisnya. ( buc/red)
Komentar Anda

Terkini