Penerapan PP 18 Tahun 2017, Sekretariat DPRD Pultab Kurangi Belanja Koran

Rabu, 11 April 2018 / 01.13
Kantor DPRD Kabupaten Pulau Taliabu
TALIABU, SP - Nominal tunjangan untuk anggota serta pimpinan DPRD se-Indonesia sudah dinaikkan oleh Presiden Joko Widodo. Naiknya tunjangan itu termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

PP nomor 18 tahun 2017 resmi diundang-undangkan pada 2 Juni 2017. Dengan demikian, aturan soal tunjangan untuk anggota DPRD yang sebelumnya diatur dalam PP nomor 24 tahun 2004 tidak lagi berlaku.

Akibat dari penerapan aturan baru itu, Sekretariat DPRD Kabupaten Pultab akhirnya memangkas seluruh jumlah langganan Koran dan iklan demi memenuhi aturan tersebut. Sehingga, seluruh anggota DPRD Pultab terpaksa kehilangan jatah bahan bacaan berupa Koran.Bahkan, seluruh kegiatan pada kantor perwakilan rakyat itu terpaksa hilang dari publikasi media cetak maupun online.

Menanggapai hal itu, Ketua DPRD Pultab, M. Nuh Hasi , S.Pd mengatakan untuk meningkatkan kepercayaan dan perhatian masyarakat terhadap kinerja DPRD tentunya membutuhkan sentuhan awak media untuk mengekspos seluruh kegiatan maupun program kerja DPRD.”Jangan menjadikan keterbatasan anggaran sebagai dasar untuk tidak membangun kerja sama dengan media,” katanya kepada Samata Post, selasa (10/04/2018) pagi kemarin .

Politisi Golkar ini menambahkan, semestinya pihak sekretariat DPRD dapat membagi anggaran dengan baik tanpa harus mengorbankan fungsi kontrol social yang dilakukan oleh media ,sehingga berakibat pada hilangannya informasi kinerja DPRD kepada masyarakat.” Pengunaan anggaran jangan hanya fokus pada satu bidang saja atau satu post anggaran saja ,seharusnya bisa dibagi merata sehingga semua bisa berkembang,” tambahnya.

Ketua DPRD Pultab juga menyarankan, seluruh lembaga dapat menjalin kerjasama dengan pihak media ,sebab untuk mempublikasi seluruh kegiatan maupun keberhasilan suatu lembaga dapat diketahui oleh masyarakat secara luas khususnya lembaga DPRD dan Pemerintah daerah."Supaya masyarakat mengetahui kinerja kita, saya sarankan untuk kerja sama yang baik dan sejalan dari dua lembaga ini dengan media,” sarannya.(and/red)
Komentar Anda

Terkini