Puluhan Sekolah di Pultab Terima DAK 2018

Minggu, 15 April 2018 / 18.38
Sosialisasi DAK 2018 -Dinas Pendidikan Kab. Pulau Taliabu
TALIABU, SP - Dinas Pendidikan (Dispen ) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek ) terhadap pengelolaan dan pelaksanaan alokasi dana khusus ( DAK) tahun 2018. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyelengarakan program pemerintah yakni wajib belajar serta sebagai dukungan pemerintah kabupaten, berlangsung sehari di aula SMP Negeri 1 Taliabu Barat , sabtu (14/04/2018) kemarin.

Kegiatan ini akan menjadikan forum komunikasi tingkat kabupaten, dalam kaitannya dengan pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) pada seluruh sekolah penerima di kahupaten pulau taliabu. Dalam kegiatan ini, peserta sosialisasi memberikan tangapan mengenai permesalahan permasalahan yang dihadapi dalam pengelokaan dana alokasi khusus (DAK).” Permasalahan yang dihadapi setiap sekolah ini sangat beragam mulai dari permasalahan teknis sampai permasalahan khusus,” kata Bupati Pulau taliabu , H. Aliong Mus dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten II setda Pultab, La Hudia Usman .

Penyerapan dana APBN khususnya dana DAK diharapkan bisa sesuai dengan rencana, sehinggga realisasi dan laporan kinerja dapat juga sesuai dengan target kinerja yang sudah ditentukan oleh sekolah yang menerima kucuran dana DAK.”Dengan demikian realisasi kinerja ini bisa menjadi penilaian bagi pemerintah daerah dalam alokasi dana khusus,” tuturnya.

Dikatakan , pendidikan merupakan bagian dari sektor yang harus menjadi prioritas dalam upaya pengentasan kemiskinan. Dengan peningkatan aksebilitas masyarakat terhadap fasilitas dasar pendidikan diharapkan mampu meningkatkan derajat pendidikan kearah yang lebih baik. Peningkatan aksebilitas dan mutu pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan dikabupaten pulau taliabu, dan salah satunya bersumber dari dana DAK.” Maka ,demi berhasilnya pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dinas pendidikan kabupaten pulau taliabu harus menggelar sosialisasi dan nimbingan teknis pengelolaan dan pelaksanaa dana alokasi khusus tahun 2018,” terangnya.

Dilakukannya kegiatan itu dalam rangka menjalankan program pemerintah wajib belajar serta sebagai upaya dan bentuk dukungan pemerintah kabupaten pulau taliabu di dinas pendidikan, agar tercipta pengelolaan pendidikan yang transparan, professional , akuntabel serta melibatkan masyarakay secara aktif, baik dalam pengawasan maupun dalam pelaksanaan pendidikan.

Pemerintah akan terus berupaya mengembangkan pendidikan nasional khususnya di kabupaten pulau taliabu, dengan memberikan layanan pendidikan sebaik- baiknya kepada semua peserta didik. Serta membekali mereka dengan kemampuan, keterampilan, dan keahlian.” Agar mampu menjadi generasi masa depan yang mampu menjawab tantangan jaman serta memajukan dan mengangkat harkat serta martabat bangsa,” pungkasnya.

Namun demikian,apa yang diinginkan tersebut akan tercapai apabila di dukung oleh semua pihak. Bahkan,peran serta masyarakat termasuk dari segi dana pendidikan yang dibutuhkan untuk mewujudkan harapan masyarakat tersebut. Sehingga, pemerintah daerah melalui dinas pendidikan kabupaten Pultab terus berupaya untuk merealisasi pembangunan sarana dan prasarana pendidikan pada semua jenjang.

”Saya mengharapkan pelaksanaan di masing-masing sekolah yang menerima DAK tahun anggaran 2018 , harus lebih baik dari tahun sebelumnya, untuk pencapaian itu, saya mengharapkan adanya kerjasama yang baik dari seluruh elemen pendidikan dan lapisan masyarakat,” harapnya.

Hadir pada kegiatan itu, Asisten II Setda Pulatb, La Hudia Usman, perwakilan kementerian pendidikan , Basuki Widodo, Kepala Dinas pendidikan Pultab, Hj.Fifian Adeningsih Mus ,dan empat puluh (40) sekolah yang terdiri SD dan SMP peserta penerima DAK tahun 2018 .( Buc/eto)
Komentar Anda

Terkini