Sejarah Pemekaran Taliabu Dibukukan, AHM Tokoh Utama Perjuangan

Kamis, 12 April 2018 / 22.40
Ahmad Hidayat Mus

TALIABU, SP- Dinas perpustakaan dan kearsipan daerah Kabupaten Pulau Taliabu ( pultab, red) berencana akan membukukan sejarah pemekaran pulau taliabu menjadi daerah otonom baru (DOB), atau kabupaten baru di jazirah maluku utara pada tahun 2013 lalu.

Rencana membukukan profil daerah atau inskopedi kabupaten pulau taliabu, akan mengacu pada sejarah perjuangan sampai penerbitan undang-undang pemekaran kabupaten Pultab ,profil bupati, batas daerah ,dan suku serta budaya yang mendiami pulau taliabu.

”Pentingnya membukukukan sejarah taliabu dan siapa saja yang terlibat didalamnya, sehingga ini merupakan tanda jati diri untuk generasi mendatang,” kata Kasubag Keuangan dan Perencanaan Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Pultab, La Ode Mariu kepada Samata Post, rabu (11/04/2018) belum lama ini.

Membukukan sejarah suatu daerah tidaklah mudah,sehingga diperlukan kajian dari berbagai pihak untuk menjelaskan secara detail rentetan perjalanan perencanaan, perjuangan, dan sampai pada pencapaian daerah otonomi baru yang merupakan titik akhir dalam sebuah proses pemekaran menjadi kabupaten.

”Untuk membukukan sejarah Pultab harus melalui beberapa proses persiapan dan butuh kajian secara mendalam agar dapat diterima oleh semua pihak ,khususnya para tokoh perjuangan dan masyarakat,” jelas Mariu.

Disinggung soal tokoh pemekaran,Mariu mengaku, semua masyarakat kabupaten kepulauan sula (induk) dan masyarakat kabupaten pulau taliabu sudah mengetahui siapa yang menjadi actor utama. Sekaligus penggagas perjuangan pemekaran pulau taliabu menjadi kabupaten ,yaitu mantan bupati kepulauan sula dua periode , H. Ahmad Hidayat Mus ( AHM ).

” Saya yakin semua masyarakat tahu baik di sula maupun Taliabu bahkan Maluku Utara secara umum bahwa Bapak AHM merupakan actor utama dari sejarah perjuangan ini,” tutupnya.( and/eto)
Komentar Anda

Terkini