Target Penggunaan DD 2018, Kades Nggele Fokus Bangun Infrastruktur Dan Pemberdayaan

Rabu, 11 April 2018 / 02.04
Pengukuran ruas jalan dalam desa nggele
NGGELE, SP- Menjelang pencairan bantuan dana desa (DD) tahap 1 tahun anggaran 2018 hampir seluruh desa di kabupaten Pulau Taliabu sudah memiliki rencana kerja, bertujuan untuk merubah wajah desa serta meningkatkan roda ekonomi masyarakat setempat .

Berdasarkan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes ) tahun 2018 yang disusun oleh pemerintah desa bersama badan permusyawaratan desa (BPD) Nggele, Kecamatan Taliabu Barat Laut, Kabupaten Pulau Taliabu. Dimana, telah dianggarkan sejumlah program hasil usulan masyarakat melalui musyawarah desa (Musdes) yang dilakukan oleh pemerintah desa.

”Pencairan DD tahun 2018 ini, kami merencanakan membangun empat titik infrastruktur di desa nggele , seperti ; tanggul pembatas desa nggele dengan one may, drainase menuju kebun PKK, drenase dusun permai ,dan jalan rabat beton ,” kata kepala desa nggele, Ajis Nurhasa, S.Pd kepada Samata Post, selasa (10/04/2018) siang kemarin.

Selain infrastruktur, lanjut Ajis, sector pemberdayaan juga menjadi perhatian serius pemerintah desa sehingga melalui bantuan DD dan ADD tahun 2018 pemerintah desa telah merencanakan penanaman tanaman jangka pendek yang dikelola lansung oleh masyarakat ,dengan tujuan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di desa nggele.

”Kami fokuskan pada petani untuk menanam tanaman jangka pendek ,” tuturnya.

Rencana pemdes tersebut, ketua LPM desa nggele, Muhad Azmin merasa yakin dengan program yang diusulkan.Sebab, sesuai dengan kondisi di desa serta seluruh program yang dicanangkanpula merupakan kebutuhan masyarakat .Sehingga pemerintah desa diminta untuk mengelola anggaran dengan baik dan dimaksimalkan demi mewujudkan kesejahteraan di masyarakat.

” Berbagai program yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan harapan masyarakat ,”tutupnya. (ono/red)
Komentar Anda

Terkini